Pernah Dengar 'Mukka Kosmetik' ? Ini Review-nya! (Full-Face Makeup)

Assalaamu Alaikum, Konnichiwa!!!

Minna, terima kasih sudah klik link ke blog post terbaru ku! :D Hehehe.

Sherry balik lagi nih dengan post berbahasa Indonesia, karena kali ini Sherry akan mereview kosmetik merk lokal, tapi buatan luar, yang mungkin kalian belum pernah dengar, atau mungkin juga sudah. Kalau Sherry sendiri sejujurnya, saat ditawarkan oleh brand-nya untuk me-review produk ini, baru tahu ada kosmetik merk ini, hehe. Nah, langsung saja ya kita masuk ke penjelasan produknya! 

"MUKKA" KOSMETIK

Yup! Itu namanya! Jadi, kosmetik ini adalah merk Indonesia, tapi dibuat di Cina, dan sudah lulus BPOM ya, jadi Insya Allah aman. Klaim-nya sih No Rhodamine, No Mercury, No Hydroquinon. Mukka ini sebenarnya sudah lama ada loh, sejak tahun 2003, tapi selama ini beredarnya hanya di pasar-pasar atau toko-toko kosmetik biasa saja. Kalau sekarang, Mukka sudah tersedia di modern market yang sudah umum diketahui dan mudah dijangkau, seperti AEON, Carrefour, 7Eleven, Boston, Ramayana, Yogya, dan Idolmart.

Aku dapat lumayan banyak produk loh, cukup untuk bikin full-face makeup, seperti di bawah ini~~


Haha~ Masih sneakpeek ya XD  Makanya lanjut terus yah bacanya, untuk tahu lebih lanjut tentang Mukka! ^__^

Ini nih produk-produk yang aku dapat dari Mukka! Lumayan banyak dan colourful ya :D 


Walau, jujur, packagingnya aku agak gimana gitu sih, bukan desainnya ya, tapi bahan yang dipakai untuk packagingnya itu benar-benar plastik yang... ahhh mengingatkan aku sama peralatan bermain Barbie :') Tapi aku nggak lantas enggan mencoba produk nya loh, haha. Aku langsung tekun baca-baca info yang tersedia tentang Mukka, dan juga baca-baca ingredients-nya. Info dari Mukka-nya sendiri, kira-kira seperti di bawah ini:


Yah... kira-kira begitu lah ya penjelasannya, hehe. Mukka ini, ngomong-ngomong, banyak palsunya di luaran, makanya di facebook Mukka, semua foto produknya mencantumkan nomor BPOM nya, supaya nggak salah beli varian yang palsu! Yuk langsung lihat saja bagaimana performanya!

MUKKA COMPACT POWDER 2 IN 1, SHADE 4 (PC 110)
 

Dari namanya, 2 in 1, berarti ini bedak yang sudah ada foundationnya, jadi seharusnya sudah cukup dipakai langsung tanpa lapisan krim apapun di wajah kita sebelumnya. Ingredients bisa dilihat di foto packaging-nya ya. Kemasannya plastik tipis gitu, yang kalau kamu ketuk-ketuk bunyinya agak nyaring saking tipisnya, haha. Tapi jangan fokus ke situnya saja, karena kita harus lihat bedaknya :p Awalnya saat aku buka, aku kira nggak ada cerminnya, ternyata saat aku buka kompartemen selanjutnya untuk ambil spons-nya, kaca-nya ada di situ, di bawah tempat bedak XD Untunglah, ada! Spons-nya sendiri teksturnya bagiku lucu, tipis klemer-klemer gitu, beda deh sama spons lain yang biasanya kaku gitu.

Aku dapat shade nomor 4, yaitu yang paling terang! (Paling gelap no.1 - paling terang no.4) Dan... hasilnya, secara warna aku SUKA BANGET! Ini shade yang paling sesuai sama kulitku. Aku sering sedih (?) kalau dapat atau beli produk yang nggak tahunya shade nya terlalu gelap buatku. Kan mubazir. Pakai makeup biar cantik dan rapih kok malah jadi belang warna kulitnya </3.

Di bawah ini, aku pakai bedaknya tanpa krim apapun sebelumnya:


Cukup jelas kan fotonya? Gimana teksturnya? Menurutku coverage-nya lumayan banget loh. Biarpun bentuk jerawat (kebetulan aku lagi jerawatan) masih nyembul-nyembul, tapi kemerahan-nya cukup dicover sama bedak ini. Yah, namanya compact powder, pasti sih tekstur kulitnya jadi kelihatan "bedakan banget", dan karena sifatnya yang padat, jadinya mempertegas garis-garis halus di wajah dan terkesan medok, pori-pori juga jadi agak strong (?) dibandingkan pakai krim yang sifatnya liquid banget dan ringan + translucent powder. Tapi, menurutku hasilnya cukup bagus, dan mudah banget diratakan. Spons-nya itu enak banget dipakai, bahkan buat touch up juga bagus. Aku sampai amazed sendiri, especially karena no.4 ini shade nya cantik banget blend-nya di kulitku! 


Ketahanannya? Banyak produk wajah yang sudah kucoba, dan itu beroksidasi di kulitku (awalnya cerah dan bagus, terus lama-lama jadi menggelap dan kusam. Mungkin kalian juga pernah merasakan?), dan Alhamdulillah-nya, Mukka Compact Powder 2 in 1 ini nggak (atau nggak terlalu) beroksidasi loh!!! Yayyy! Nahan minyak-nya juga lumayan, mukaku nggak sampai minyakan heboh. Setelah 3-5 jam agak-agak kilap terutama di bagian hidung, dan ada retakan di garis-garis senyum, tapi wajahku nggak menggelap yang gimana-gimana, walau agak turun sedikit ya shade-nya (aku tanya teman-temanku saat jalan bareng), jadi aku bisa pakai tisu atau face paper saja. Tapi, sepertinya bedak ini non-waterproof, karena kalau aku basuh wajah dengan air, blasss, dia langsung belang-belang :)
 
  Boleh kamu coba kalau penasaran XD (PS: Aku nggak tahu harga-harga produknya tapi katanya murah meriah banget!)

MUKKA 35 COLORS EYEPALETTE (A18)

Pertama lihat ini aku excited sih (?) soalnya aku cuma punya 1 eyeshadow palette yang berisi banyak, yaitu Nyx Be Free yang nggak pernah aku review... (hmm...) dan ada warna-warna yang nggak ada di situ, seperti pink dan warna-warna pastel lainnya. Berhubung di palet ini warnanya cukup beragam, aku jadi merasa happy waktu unboxing. Kemasannya lumayan sih nggak terlalu se-plastik yang compact powder. Tutupnya juga rapat.


Ingredients bisa dilihat di kemasannya yah, zoom-in aja :D Warnanya beragam kan? Tapi semuanya kelihatannya glittery banget ya? Nggak kok, hasilnya nggak terlalu glittery, hanya shimmering saja ^_^ Lihat swatches nya di bawah~


Pendapatku? Warna: Sayangnya, untuk warna-warna light, dia hampir nggak keluar </3 Terutama yang dua warna pink di atas itu, ah sayang sekali. Tapi yang warna jreng cukup pigmented kok. Dan aku baru sadar kalau warna coklatnya kok banyak ya? Dan mirip-mirip O_o Buat warna, aku paling suka ungu paling bawah paling pinggir kanan, sama biru tua dan hijaunya.

Tekstur: Sangat powdery, sehingga bubuk-bubuknya itu berhamburan di paletnya saat aku colek-colek dengan kuas. Jadinya ada bubuk-bubuk warna lain yang tercampur di warna lainnya (paham kan yah maksudku?). Saat dipakai nggak terlalu berhamburan sih, asalkan hati-hati. Kuas-nya aku pakai punyaku sendiri, karena Mukka cuma menyediakan aplikator yang untuk blending di produk ini.

Ketahanan? Non-waterproof, dibersihkan dengan air juga hilang, tapi digosok-gosok lembut :)  Penampilan di mataku nanti sekalian di bawah ya.


MUKKA 6 COLORS EYESHADOW 2 BLUSHER (7016)


Untuk palet jenis ini, adalah gabungan 2 blusher dan 6 eyeshadow. Bahan kemasannya juga lumayan lah seperti yang di atas itu. Tutupnya juga rapat jadi nggak perlu takut tumpah-tumpah. Ada 3 varian warna, tapi aku nggak tahu nama-nama shade palet nya, tapi sepertinya punyaku yang pertama:

Warnanya: Aku lebih suka yang ini! Semuanya pigmented bagiku! Eyeshadow-nya shimmer nya juga cantik banget sih menurutku, dan dia punya koleksi warna yang aku suka semua <3 Blush nya juga bagus karena warnanya matte, kebetulan aku lagi pengen blush yang warnanya matte karena punyaku semuanya shimmering. Warna blush-nya aku suka karena yang 1 itu mendekati merah, cold red gitu, bisa untuk igari/hangover/cult palty makeup seperti yang aku bikin di blog post aku ini , dan yang satunya warna coklat yang bisa untuk bikin shading kontur wajah. Teksturnya juga powdery banget, sama seperti yang kubahas di atas, jadi memakainya harus hati-hati supaya nggak berhamburan dan boros. 


Gimana? Cakep-cakep banget ya warnanya? XD Ini aku aplikasikan dengan kuas-ku sendiri, karena kuas bawaannya pendek jadi aku lebih suka pakai kuas-ku sendiri :)

Ketahanannya? Well, sama seperti yang di atas, non-waterproof :) Diusap-usap air langsung hilang :)




MUKKA BLUSHER (B25)


Blusher ini packagingnya mirip-mirip ya sama yang di atas sudah kujelaskan. Ada 2 pilihan warna, dan aku dapat yang nomor 2, warna pink tua dan pink muda. Sayangnya, saat paketnya sampai ke aku, Blusher ini sudah retak T__T Sebenarnya karena packing-nya nggak menggunakan bubble wrap sih. Aku malah bersyukur banget yang lainnya nggak ada yang retak juga. 


Kesanku: Yayyy! Kebetulan banget lagi cari pink yang muda itu tapi yang non-shimmer, dan akhirnya dapat. Sayangnya yang warna itu yang retak T__T Teksturnya powdery dan warnanya pigmented! Warna pink muda yang matte begitu cocok untuk no makeup-makeup look. Yang pink tua-nya juga bagus kok, seperti merona merah gitu warnanya kalau di wajah.

Ketahanan: Ya, ya, sama, non-waterproof juga, setelah 4 jam-an warna nya mulai fade karena keringat, tapi nggak terlalu hilang banget kok. Tampilan pemakaiannya sebenarnya sudah ada di atas (yang foto contoh pemakaian bedak), tapi nanti lebih jelasnya akan ada foto-fotonya di bawah, sekalian :)


MUKKA MASCARA VOLUMINUOS WATERPROOF EXTREME LENGTH (MAS-001)


Maskara dari Mukka hanya satu jenis dan satu shade. Bahan kemasannya agaknya sama seperti maskara pada umumnya, dan desainnya cukup menarik, menurutku. Bentuk kuasnya juga fine-fine aja, cukup mudah dipakai oleh ORANG YANG BULU MATANYA PENDEK BANGET seperti aku.

Lalu...
Voluminuous Waterproof? Extreme Length? Nope. Maskara ini non-waterproof, langsung hilang kok dibasuh air, hehe. Untuk volume dan length nya, nggak sampai ekstrim lah, moderate aja :) Nanti bisa lihat di bawah ya foto pemakaiannya.


Sayang banget, judulnya waterproof, tapi ternyata nggak sama sekali >.<

MUKKA EYELINER LIQUID (BELUM KETEMU KODE PRODUKNYA)


Eyeliner dari Mukka juga hanya satu jenis dan satu shade. Packagingnya eyeliner ini, mirip seperti yang bedak, plastik yang kalau diketuk-ketuk agak nyaring bunyinya, jadinya kemasannya agak low quality dibanding maskara, blusher, dan eyeshadownya. Kalau kalian lihat langsung juga kelihatan sih. Hehe.

Kesan pemakaian: pengaplikasian mudah kok, tapi tunggu beberapa detik dulu ya baru kering. Warnanya bagus, jet black. Non-waterproof sih, tapi sebenarnya ini bisa jadi good atau bad news kan. Tergantung preference. Kalau aku cuma mau dandan-dandan di rumah buat foto makeup look atau produk, mending pakai ini, hapusnya gampang.


Nah, di bawah ini adalah tampilannya aku pakai produk yang untuk mata-nya. Aku pakai eyeshadow abu-abu dan ungu. Aku sudah ada bilang di atas, aku suka sama warna ungunya. Di bawah mata aku juga pakai coklat kemerahan, dan aku juga suka banget warna coklat yang kaya gitu. Manis banget. Eyelinernya bagus kok hasil aplikasinya, menurutku. Kalau maskara-nya, yah nyaman sih dipakai, tapi hasilnya nggak terlalu membantu aku yang nggak punya (?) bulu mata gini T__T


MUKKA LIPSTICK (814)


Waktu pertama kali lihat ini, I have no idea ini apa. Apakah lipbalm, atau lipstick, atau apa. Kalau aku lihat dari tampilan awalnya, teksturnya tampak seperti lilin (?), Dan aku awalnya membayangkan ini bakal kering dan padat banget saat dioles ke bibir, dan warnanya bakal nggak keluar. Kemasannya... ya ampun XD Aku langsungbenar-benar ingat mainan barbie, jadi aku dan temanku yang kebetulan menemani aku waktu unboxing langsung menyebut ini "Lipstick Barbie", LOL.

Ternyata ini lipstik, dan Mukka punya 12 shade untuk produk ini. Aku dapat nomor 10.


Kalau di promotional pic nya kan, itu satu kotak begitu ya seperti satu set, nah yang dikirim ke aku ini jadi datang begini saja, tanpa kotak atau segel apapun. Mungkin memang dijual satu set ya (?), Aku nggak tahu juga. 

Pengalamanku? Hahaha nggak boleh asal judge dari penampilan, like always! Ternyata... AKU SUKA! LOL. Ini teksturnya moisturizing, mungkin karena bahan Castor Oil dan lain-lainnya itu. Saat dioles ke bibir lancar, dan warnanya itu cantik banget. Nempel di bibir seperti seakan-akan warna bibir alami kita!!!


Lihat deh hasilnya, bibirku seperti buah segar (?) gitu kan ya?! Hahahah. Bagus banget dipakai saat keadaan bibir kita lagi sehat atau sudah bersih di scrub, karena warnanya akan mengikuti garis-garis bibir. Bibir jadi lebih tegas dan seksi (?) dan berwarna alami. Lipstiknya nggak glossy gitu, jadi nggak basah atau lengket. Karena teksturnya begini, aku malah jadi mau coba warna lain, yang pink-pink gitu mungkin supaya benar-benar terlihat warna bibir alami, Hahaha.

Aku beri rating segini, tapi... please dong packagingnya </3 paling tidak, ada segelnya deh :')


~KESIMPULAN SHERRY~

Setelah coba-coba produknya, Mukka ini ternyata boleh juga loh. Dengar-dengar harganya murah banget, kan... dan produk yang mahal banget pun banyak yang masih mengecewakan atau not worth trying. Jadi menurutku ini okelah~ Insya Allah nggak rugi yang gimana kalau mau coba-coba sih. By the way, ini hasil full makeup aku dengan Mukka (alis sama nose contour nggak yah soalnya nggak dikasih pensil alisnya sama contouring shadow matte warna coklat muda~ #heh)

Gimana? Cukup bagus kan? Blush-nya warnanya juga natural banget.


Soal ingredients pun, Mukka nggak ada yang gimana-gimana kok, ada sih seperti paraben, mica, talc, titanium dioxide, fragrance, dll (kalian juga bisa baca di foto kemasannya), tapi ingredients semacam itu juga aku temukan di produk-produk ternama baik di Indonesia maupun luar negeri (Korea, Jepang, dll). Nah kalau kalian memang menghindari sama sekali yang seperti itu, aku sudah kasih infonya yah :D Hehehehe. Oh iya, produknya rata-rata non-waterproof, buat yang suka dan cari yang begitu sih nggak masalah ya, tapi kalau yang sukanya maunya serba waterproof, yah </3 Ah, satu lagi, di Eyeshadow yang 35 dan 6 + 2 blush itu ada lambang NOT TESTED ON ANIMALS - nya. Tapi kalau di produk lainnya aku nggak ketemu simbol itu sih :( Kenapa ya? Apa lupa dicantumin (?) atau memang beda-beda -_- Hmmm~ 

Overall review buat Mukka:

Boleh dan layak dicoba kok. Tapi aku berharap Mukka meningkatkan lagi kualitas produk dan packagingnya, namun dengan harga yang tetap mudah dijangkau :)

buat kalian yang mau lihat-lihat lebih banyak tentang produk ini, visit:


Oke, segitu saja (saja? Padahal panjang banget hehe) review produk merk Mukka Kosmetik, merk Indonesia buatan Cina ini. Hehehe. Semoga tulisanku ini menarik dan bermanfaat ya. Kalau ada yang mau ditanya, bisa tulis saja di kolom komen-nya :3 

Terima kasih sudah mampir dan baca, Jaa Ne~

14 comments

  1. Review yang bagus banget seperti biasaaaa.... dan km cantik bangeeet aku suka warna lipsticknya ❤❤❤❤❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaaaa makasih sayang akuuu 😚❤️😚❤️😚 Iyaaaaa aku pengen deh warna2 lainnya juga lipstiknya hahahahahah XD

      Delete
  2. Ah aku dulu pernah punya yg 35 palette itu, dan setuju banget sama reviewnya kak sherry.
    Hasil lipsticknya cakep ya ^^

    www.indiranyan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaaaah XD alhamdulillah!! XD
      Iyaaa ternyata nggak aku doang ya yang mikir gitu, lipstiknya gemes hahaha ❤️❤️

      Delete
  3. Lipstick nya benar-benar lucu banget warnanya ^^

    rima-angel.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Aku pernah nemu eyeshadoe palette yang gede itu harganya sekitar 20ribuan di heartwarmer x'))))
    Ngga meyakinkan sih packagingnya tapi setelah liat review ini mungkin boleh juga..
    Btw klemer klemer itu apa ya :p

    ReplyDelete
  5. baru denger brand ini XD itu palettenya warnnya cakep2 bgt >//< tp paling suka sama lipsticknya bagus warnanya ^^.

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. waktu itu denger brand mukka dari salah seorang beaity vlogger yang main tantangan 200K makeup challenge. Dari situ seh ngeh ada brand ini --" walopun emg scr pekejing gak ngeyakinin sih, tp ternyata belom tentu yaa.. ih masa produk murah gini masih ada aja yg nge palsuin?

    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. bener banget, lipsticknya itu warnanya cantik-cantik loh.. akyu punya 3 warna lispticknya loh, dan semuanya akyu sukaaaa...
    eyeshadow palletenya yg 35 warna akyu juga punya, waktu itu belinya di carrefour lebak bulus, dan harganya itu muraah banget loh, 45 rban doank. tadinya sih iseng doank pengen punya eyeshadow yang varian warnanya lengkap, kebetulan deh nemu si Mukka ini di carrefour. Warnanya cantik2, dan banyak pilihan naturalnya juga. jadi bisa di pakai buat ngantor atau kalau ke pesta juga cucok. packagingnya sih ngga masalah buat aku, yg penting kosmetiknya oke, dan harganya terjangkau banget. Kalau packagingnya bagus biasanya mahal, budgetnya ga masuk soalnya, jadi beli packaging doank, hehehehe

    ReplyDelete
  8. kok gw demen pas bagian lipstik nya yak, hahaha XD
    kalo lw nyang pake always kawaii~~~

    buleipotan.com

    ReplyDelete
  9. Sherry kangeen....udah balik ke HK yaaa
    Ya ampun ternyata Mukka itu merek lokal buatan luar ya, aku kira abal2 gimana gitu hahaha
    Habis murah banget dan kemasannya mirip sama yang dijual di lapak2 gitu....duh jadi pengen punya eyeshadow pallet nya. Terima kasih Sherry sudah berbagi, see you soon ^^ xoxo

    ReplyDelete
  10. Baru tau ada brand Mukka, pengen nyobain lispticknya ah nanti hihi...


    www.Glowlicious.Me

    ReplyDelete
  11. lengkap banget review nya,juga tulisanya enak dibaca, gak bikin bosen, aku suka blog ini.

    ReplyDelete
  12. Waah, makasi reviewnya, awalnya mau beli eye palette nya tapi ragu, Mukka eye palette nya bisa dicoba sih :)

    http://fridaanggraeni.blogspot.com

    ReplyDelete

I'd love to hear your magical words! and... oh! please leave your link so I can visit you back! ^_^