[EVENT] say Hi to : MAMAPEDIA INDONESIA!

[This Post is Only in Indonesian]

Assalaamu alaikum, Konnichiwa! 

Ternyata benar ya. Dulu temanku bilang, kalau nanti aku sudah jadi ibu, pasti ada teman main dan kumpul-kumpul sesama ibu-ibu juga. Terus terang saat itu aku nggak ada bayangan sama sekali, di mana pula aku akan ketemu sesama ibu-ibu dan gimana aku akan klik dengan mereka nantinya. Sampai aku bergabung di MAMAPEDIA Indonesia!


Minggu kemarin, 10 Desember 2017, adalah Mamapedia 1st Gathering! Yuk lanjut baca untuk mengenal komunitas Mamapedia lebih lanjut!

MAMAPEDIA adalah komunitas ibu berbasis LINE Square, salah satu fitur yang (currently) terbaru di aplikasi chatting LINE, dibuat pada bulan Oktober 2017. Aku bergabung di komunitas ini setelah mendapat undangan dari Founder Mamapedia, kak Cindy Charlota yang kebetulan sesama Clozette Ambassador dengan aku. Aku beruntung karena termasuk member awal Mamapedia, sehingga sudah lumayan kenal dan banyak ngobrol dengan sesama member lain dari awal. Aku juga diamanahkan oleh kak Cindy untuk jadi salah 1 Admin di Mamapedia ini. Gimana sih cara joinnya? KLIK DI SINI YA, lalu join Line Square-nya :) 


Langsung ke cerita tentang event-nya ya, 

Event-nya sendiri diadakan di EV Hive D Lab, Menteng (@evhive). Kenapa sih baru 3 bulan kenalan sudah bikin gathering? Iya! Soalnya... baru 3 bulan aja, para Mama di Mamapedia sudah serasa akrab banget karena sepanjang hari terkoneksi via Line Square ini! Eh, bukan berarti seharian chatting dan mengabaikan anak loh ya. Maksudnya, kalau lagi ada yang mau ditanya, dalam 24 jam itu adaaa aja yang siap membantu menjawab sesuai pengalaman masing-masing. Soalnya... sampai di hari Minggu kemarin aja, membernya sudah 795 orang! Wowww ❤️ 


Di Line Square Mamapedia ini ada group chat utama dan banyak subgroup-nya. Group Chat utama-nya namanya “Mamapedia” sendiri, tempat buat kita mau nanya atau ngobrol yang random-random gitu. Selain itu, ada subgroup MPASI, Breastfeeding, Baby / Kid’s Allergy, DSA & Hospital, Baby Gear, dll. Jadi para Mama di sana bisa ngobrol di “room” yang sudah disediakan sesuai tema. 


First gathering kali ini dresscode-nya adalah pastel. Aku pakai baju bunga-bunga dominan peach dengan sedikit sentuhan hitam, sedangkan Archie kupakaikan onesie kelinci biru muda yang menurutku lucu buat dipakai jalan, lebih tepatnya, terlalu lucu kalau hanya untuk dipakai rumah. Hihi. Aku sengaja pilihin yang itu karena di pikiranku, "pastel" itu makin lengkap kalau "fluffy" dan kawaii juga. Hahahah. Alhamdulillah kebetulan venue-nya cukup dingin AC-nya, dan Archie pun bisa tetap nyaman dan hangat dengan bajunya. Hehe.

halo dari Mommy Sherry dan buntut kelinci bulu bundar ^_^
Aku datang ke event ini berempat, yaitu selain sama Archie, juga sama my bestie, Anggun, dan adik sepupuku, Rahma. Aku ajak mereka karena kami emang lagi nginep bareng yang benar-benar cuma berempat doang di rumahku karena keluarga kami lagi pada keluar kota semua (dan si suami tersayang juga di luar negeri). Plus, mereka berdua juga sudah jago banget deh bantuin aku ngurus Archie... jadinya kalau jalan sama Archie bareng mereka, aku tenang! Hehehe (Aku sudah confirm sebelumnya ke Kak Cindy kalau aku dan si bayi akan datang dengan mereka).

makasih yaaa kesayangankuuuu ^_^ mereka berdua pakai baju dengan sentuhan peach juga biar kompak hehe.
Gathering kemarin dipandu oleh kak Mega Novelia sebagai MC. Dibuka dengan sambutan sekaligus perkenalan dari founder dan co-founder Mamapedia, Kak Cindy Charlota & Kak Thalita Lubis. Di dalam sambutannya, kak Cindy cerita kalau awal mula dibentuknya Mamapedia adalah ketika ia sedang mengalami writer’s block sebagai seorang blogger, dan suaminya menyarankan membuat sesuatu yang baru, misalnya seperti ini. Akhirnya terbentuklah Mamapedia, di mana para Mama bisa menginspirasi dan memberi semangat ke satu sama lain secara online dan real time.

Kak Mega, Kak Cindy, dan Kak Talitha
Karena pesatnya perkembangan Mamapedia, para founder berencana untuk mengembangkan Mamapedia menjadi entitas yang berdiri sendiri di luar LINE, yaitu dengan membuatnya jadi sebuah aplikasi untuk komunitas. Rencananya, di dalamnya akan ada sistem di mana keaktifan member bisa dihitung dan diberi apresiasi, dan juga akan ada space untuk blogging bagi mama-mama yang mau share. Wah... kira-kira gimana ya nanti?

Kak Cindy lagi menjelaskan tentang rencana aplikasi Mamapedia
Untuk member sendiri juga akan dibuatkan kartu anggota eksklusif, dan untuk pemegang kartu ini, akan mendapatkan benefit seperti ini:

special offer buat para member :)
Seru banget ya? Mamapedia ini benar-benar dipikirkan secara serius dan matang banget ❤️

Selanjutnya, setelah kenalan sama founder, kami pun diajak kak Mega untuk saling memperkenalkan. Tapi bukan memperkenalkan diri, melainkan memperkenalkan orang yang duduk di hadapan kamisambil menyebutkan 3 fakta yang “penting tapi nggak penting” mengenai teman kami itu.

akhirnya ketemu juga ^_^
Yang duduk di depanku adalah Arina, teman sesama Admin di Mamapedia (sudah janjian buat duduk deketan, hehe). Di antara para mama di Mamapedia, bisa dikatakan kami cukup dekat dengan satu sama lain dan sering chat japri-japri. Kami punya beberapa kesamaan yang akhirnya cukup bikin cocok dan nyambung dalam ngobrol.

si bayi kembar beda sehari!
Saat aku memperkenalkan Arina, aku bilang kalau kami pertama “klik” saat tahu kalau kami sama-sama pengguna aplikasi “The Wonder Weeks” (aplikasi anti panik yang wajib buat mama-mama yang heran kenapa di periode tertentu bayi tahu-tahu nangis tanpa sebab!), lalu, aku bilang kalau anak kami itu cuma beda sehari lahirnya! Kayendra itu 19 Juni 2017, Archie 20 Juni 2017. Terus aku juga bilang kalau Arina itu Makeup Artist ❤️


Sebaliknya, Arina jelasin kalau aku itu suka banget sama Sailor Moon (haha! I loved that she remembered to mention this fact!), lalu kami berdua sama-sama berasal dari luar Jakarta (dia Depok, aku Bekasi-yah-walaupun-bekasinya-benar-benar-dekat-Jakarta), dan bahwa aku adalah seorang Blogger. 


Ternyata, di Mamapedia juga ada Mama-mama Influencers loh. Mmmm, aku sebenarnya dikategorikan influencer juga sih selama ini, tapi maksudku di sini, influencer-nya adalah yang di instagram followersnya sudah puluhan bahkan ratusan ribu gitu (tentunya Kak Cindy si founder termasuk ya, hehe). Dan mereka juga hadir dalam gathering ini. 

Familiar nggak sama mama-mama cantik ini? ^_^ cr pic: atas IG @endarivan , bawah IG @miyromiiy
Aku sempat ditanya tentang kesan-kesan aku, rasa senang dan tantangan saat menjadi Admin Mamapedia. Senangnya, ya aku nggak merasa sendirian! Ini komunitas mama pertamaku, dan semuanya welcome banget dan positif. Aku bahagia banget. Apalagi waktu pertama join, Archie baru sekitar 3 bulanan. Dari situ aku tahu banyak hal dari mama-mama yang anaknya sudah lebih tua dari anakku dan punya pengalaman lebih banyak menghadapi tantangan-tantangan  dalam pengasuhan, dan aku juga jadi bisa mengukur bahwa ternyata selama ini dari belajar-belajar sendiri tentang motherhood, sudah cukup banyak juga ya yang aku tahu walau rasanya nggak seberapa, dan sudah bisa membantu sesama ibu juga, ada rasa bahagia karena bisa berbagi dan bermanfaat untuk orang lain.

full shot OOTD walau sepatu nggak kelihatan :')
Tantangannya? Diamanahi jadi Admin sama Kak Cindy, aku diminta untuk membantu merapihkan chat para Mama supaya ngobrol suatu tema di dalam subgroup masing-masing. Tapi kadang ada rasa nggak enak juga... seakan-akan aku “chat police” banget kalau ngingatin berkali-kali, hahaha. Ujung-ujungnya palingan aku screen capture postingannya lalu kukirim ke sub-group terkait. Hihi.


Setelah perkenalan dan penyampaian kesan-kesan, acara dilanjutkan dengan games! Ada 2 games, yang pertama lomba memasukkan koin ke dalam mulut tanpa tangan (ditempel di kening koinnya), yang kedua lomba memasukkan karet ke pasangan dengan sedotan. Aku disuruh maju ikut yang pertama tanpa tahu bahwa game-nya bakalan gitu. Sejujurnya aku agak shocked pas dijelasin tentang game-nya dan tahu-tahu diminta tempelin koin ke wajah, apalagi harus masuk ke mulut 😱 (yang kenal aku pasti tahu banget perasaanku wakakak!) tapi aku berusaha pasang wajah tenang-tenang aja dan berusaha tetap meramaikan acara dengan berpartisipasi, hahaha. 


Ujung-ujungnya bukan aku juga yang menang sih, hihi.
Lomba yang kedua agak-agak mesra gimana gitu yaaa, soalnya yang main harus bareng suaminya. Hahahah.


Selanjutnya... Lunch Time!!! Sponsor makanannya cucok banget deh. Semuanya enak-enak, kami bertiga sampe rencana mesen sendiri nanti kapan-kapan haha. Special thanks buat para sponsor makanan: @AyamTerik , @LuwihKitchen , @Kuykuy_@ThaiTea & @TheCustardInc.Patisserie ❤️πŸŽ€πŸ™πŸ»

yum yum yummmm!!!
Pemilihan venue-nya sendiri very thoughtful ya. EV Hive D Lab ini somehow ada semacam ruang sekat-sekatnya gitu yang memungkinkan disulap jadi Nursing Room & Baby Changing Room!

fotonya agak telat... tirai changing diaper room-nya sudah diberesin (yang di depan mbak-mbak yang gendong baby-nya Kak Thalita).
Aku bawa nursing apron sih jadi sempat nyusuin sambil duduk di bangku ku sendiri juga, tapi emang beneran lebih enak dan leluasa kalau ada nursing room.


Dan aku sekalian ganti diaper di sini karena ruang diaper changing-nya sudah keburu diberesin pas aku mau ganti in diaper-nya Archie haha.


Selain keduanya itu, dari tadi mungkin sudah sekilas lihat ya, kalau ada tempat bermain juga! Peralatan playground nya ini disponsori oleh @gigel.id ! Walau Archie belum bisa main di situ, Stroller Archie diparkir di samping situ dan dia sempat tidur pulas di dalam stroller-nya saat acara berlangsung (ditungguin sama Rahma). 

CR: IG @mama.pedia
Dan tentu dari semua foto di atas, mungkin sudah ada yang salfok ya sama dekorasinya. Yay! Dekorasi venue ini disponsori oleh @balonkoe ! Super gemas dan pastel-pastel gitu. 


Sambil kami makan, ada pengumuman lomba upload foto event ke IG yang di-tag ke akun Mamapedia, dan aku jadi salah 1 pemenangnya! Yay! Dapat hadiah baju dari brand nya kak Cindy sendiri, yaitu @Arcilland ! kawaii banget baju pisang-pisang gemesh nggak sabar rasanya pengen pakein ke Archie padahal bajunya buat umur 5-6 tahun hahaha.

kalau penasaran sama bentuk bajunya, buka langsung aja socmed arcilland-nya. Itu ada alamatnya di pembungkusnya! hihi
Kami juga dapat goodie bag, isinya voucher-voucher gitu:


Overall, aku senang banget bisa hadir di gathering Mamapedia ini dan ketemu teman-teman sesama Mama, walau akhirnya ngobrol banyak (dan masih kuraaaang) sama Arina aja. Makasih banyak buat Kak Cindy, Kak Talitha, dan semuanya. Makasih banyak juga buat Anggun dan Rahma kesayangan yang sudah nemanin aku hari itu. 


Nggak sabar pengen ikut gathering Mamapedia selanjutnya!

PS: yang belum gabung, yuk! Segera! Hihi ❤️







2 comments

  1. Keren banget berawal dari kesulitan nulis eh jadi komunitas bermanfaat begini :')
    Belom bisa join mamapedia nih karena belom jadi mama. Ahahaha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa makanyaa. Kak Cindy nih beneran luar biasa deh aku senang banget kenal sama dia hehe ❤️

      Mwahahah sumpah kalau kamu join dari sekarang, TMI banget deh pasti belum kebayang hahaha πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete

I'd love to hear your magical words! and... oh! please leave your link so I can visit you back! ^_^