ใ‚ทใƒผใƒž ใ‚ทใ‚งใƒชใƒผ ใงใ™ (*^ฯ‰^*)๏พ‰♡ ! This blog is currently undergoing a lot of slow construction [But you still can access!] and I hope to make it fully back soon with more about parenting / family, and daily adventures!

#Sherry1stPregnancy (2) Ngidam, Hormon, Suplemen & Vitalitas Selama Hamil


Assalaamu alaikum, Konnichiwa! Back to Sherry’s 1st Pregnancy series : Rangkuman Pengalaman Kehamilan!

Kali ini aku mau bahas... 

usia kandungan menuju 5 bulan~~

Sherry... Ngidam apa selama hamil? Gimana pas hamil, ada hal-hal unik atau perubahan tertentu yang kamu rasa nggak?? Sakit-sakitan nggak? 

Pertanyaan di atas itu common banget buat ibu hamil ya! Hehe. Di postingan kali ini aku akan share jawaban aku tentang pertanyaan-pertanyaan di atas. Err... sekalipun nggak ada yang nanya, aku tetap mau cerita sih, haha.

Oh iya, sebelumnya...

Bismillaah. Karena postingan tentang kehamilan, persalinan (dan parenting secara umum) cukup sensitif, sebelum tulisanku di bawah dibaca panjang lebar, aku mau bilang kalau ini semua adalah PENDAPAT & PILIHAN PERSONAL aku, yang menurut aku in shaaallah terbaik untuk AKU dan keadaanku, jadi apapun itu yang kupikir dan kujalani yang NGGAK SAMA dengan orang lain, itu BUKAN berarti aku selalu merasa apa yang orang lain lakukan adalah pasti nggak baik / kurang baik. Semoga bisa dipahami dan semoga nggak ada yang triggered buat mikir aneh-aneh atau sensi atau membanding-bandingkan dengan negatif. In shaaAllah aku juga coba ber-husnuzhon sama pilihan orang lain. Thank you ๐Ÿค—๐Ÿ’–.

Kita mulai ya. 

CERITAIN DONG SHER KISAH NGIDAMNYA!

Aku sih sebenernya mikir kayaknya aku nggak ada ngidam apa-apa. Sekali-kalinya aku “nganeh” itu... pas suatu hari jam 12 malam tiba-tiba kelaparan banget dan minta ditemanin bunda sama Zeno buat cari Resto Padang yang buka 24 jam, dan maunya yang semua menunya di tata di meja. To be honest aku nggak tahu juga ngidam itu seperti apa. Apakah benar ada “pengen karena bawaan bayi” atau memang itu sebenarnya memang akunya aja yang mau makan nasi padang, gara-gara habis lihat video cowok bule nyanyi lagu judulnya “Nasi Padang”. Hahahaha ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ kzl. Tapi emang sih, tadinya pas belum hamil aku nggak begitu nafsu sama nasi padang, eh pas hamil lihat nasi padang dan menu yang full di meja rasanya indah banget. Aku berkali-kali makan nasi padang selama hamil. 

I don't know about you, tapiii akuuu lihat ini... indah banget :') hhh... CR: Here
Sumpah ini tuh lucu banget ceritanya. Waktu itu memang aku habis lihat video viral bule nyanyi lagu tentang kecintaannya terhadap nasi padang (nggak sengaja lihat di share sama teman di timeline LINE nya). Dan nggak tahu ya aku langsung JRENG! “Ya Allah aku mau banget ya Allah...” langsung kebayang-bayang. Nah itu tuh udah jam 12 teng! Zeno udah bobo dari lama. Dia kalau udah bobo terus dibangunin diajak ngomong suka nggak terlalu konek. Suka kaya setengah ngelindur. Aku coba goyang-goyangin badan dia sambil bilang “Daddy... Mommy mau makan nasi padang... Daddy...” dan Zeno cuma jawab dengan tetap merem: “Ngg... iya. Besok kita beli ya sayang...”. Aku langsung yang {iiiihhh... ini kan aku ceritanya ngidam... masa besok sihhh???} gitu kataku dalam hati. Tapi aku sejujurnya masih ragu aku ngidam apa nggak (?), cukup urgent apa nggak sih aku maksa bangunin Zeno buat nemenin cari nasi padang? Hahaha. Akhirnya aku diem beberapa menit.

Terus tahu-tahu dapat ide. Aku pergi ke kamar bunda. Eh bener, bunda belum tidur. Sebenernya aku nggak tahu aku niatnya apa samperin bunda, tapi pokoknya aku pengen banget bilang ke bunda kalau aku mau makan nasi padang. Aku naik ke ranjang bunda yang masih asyik nonton video kajian di HP-nya, tiduran di sampingnya sambil ngomong manja: “Bunda.... aku mau makan nasi padang...” 

Reaksi bunda??? Sangat membahagiakan. She took it seriously! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

that's what mamak is for :') alhamdulillah hihihi.

Bunda langsung buka selimutnya terus bilang gini: “Sederhana (resto) kalau nggak salah buka 24 jam kan ya? Ayo kesana, ada kan nak yang dekat situ? *suatu daerah 15 menit dari rumah*. Terus terang aku amazed dan kegirangan dalam hati. Kupikir, emang beda ya kalau ngomong sama sesama wanita, apalagi sesama ibu. Yaaa beliau pasti pernah rasain ngidam juga jadi kaya langsung berempati dan menyegerakan. Padahal akunya sendiri nggak tahu aku ni ngidam apa sekedar latah aja lihat orang di sosmed ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ (terus terang Zeno tahu banget kalau aku sering latah lihat makanan yang orang posting di sosmed wkwkwk). Terus bunda bilang lagi, “tapi nak... mama (bunda bahasain dirinya ke aku tuh Mama. Hahahah aneh ya lain gitu?) deg-degan kalau bawa mobil tengah malam gini berduaan doang kita. Gimana?”

Aku langsung: “yuk! Bangunin Zen, bun!”

Akhirnya bunda langsung ambil jaket ambil bergo panjang, bareng aku masuk ke kamarku buat aku siap-siap juga terus bangunin Zeno yang lagi bobo. Dan... bener aja. Yang tadi Zeno jawab aku, itu dia ngelindur! Hahahahah. Pas dia kebangun full, dia sama sekali nggak inget aku minta nasi padang, dan dia beneran bingung tahu-tahu tengah malam aku sama bunda rapih seadanya kaya mau pergi. Mau ke mana???? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Singkat cerita (?) kami akhirnya keluar, dan ternyata Sederhana semua cabang cuma buka sampai jam 10 kalau dari info google. Akhirnya cari resto lain di google yang buka 24 jam. Ya Allah jauh-jauh banget. Tapi intinya, kami berhasil nemuin. Rumah bunda tempat aku sama Zeno masih numpang tinggal itu di daerah perbatasan Bekasi dan Jakarta timur. Dan resto yang kami temuin itu di daerah Rawamangun. Dan ketemunya... jam 1.30 malam ๐Ÿ˜‚๐Ÿ’ฆ

Dan alhamdulillah, akunya nggak ngeselin (?) kaya banyak kisah orang ngidam lainnya! Kan katanya banyak yang kalau ngidam tuh pengen doang eh tahunya pas ketemu makanannya nggak dimakan?? Kalau aku? Makan lahap!!  Banyak!! Setengah 2 malam!! Bahagia!! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

cr: HERE

Selama hamil aku beberapa kali makan nasi padang dan selalu rasanya kaya nikmaaattt banget. Aku emang nggak sering-sering makannya, bisa kehitung lah, karena sesungguhnya selama hamil aku bener-bener lebih banyak usahain makan masakan rumah (dan kebetulan bukan orang padang jadi di rumah juga nggak makan masakan padang), karena aku lebih tahu kandungannya apa aja jadi merasa lebih aman untukku dan untuk janinku. Dan sebenarnya aku nggak biasa makan makanan yang ada vetsin atau MSG atau apalah gitu. Jadi kadang kalau habis makan di luar (yang kita nggak tahu dia pake msg / nggak—kemungkinan iya), after effect nya suka nggak nyaman gitu. Orang-orang yang deket sama aku tahu banget lah. Nah... Nasi Padang pun, setelah aku selesai hamil, akunya balik lagi kaya biasa. Jadi nggak yang gimana banget lagi ama nasi padang ๐Ÿคฃ . Ahhh... begitulah kisahnya aku dan nasi padang selama hamil.

Lanjut, 

Makanan lain yang aku suka makan, itu yang manis-manis. Pengen ke cafe makan cake, pengen jajan coklat-coklat... seringnya Delfi Cashew, Beng-beng, sama Chocolatos ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ iya! Kata teman sesama senam hamil di RS, coklatku kok coklat murah gitu, nggak keren amat. (Sumpah aku nggak tersinggung, yang ada malah ngakak ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚) Ya tapi emang aku doyan banget rasanya, gimana dong? Wkwkwk. 


with my loves! yeeeyyyy!!!
Ada satu cafe di daerah Bekasi yang aku beberapa kali datangi sama Zeno dan sahabatku, Anggun (aku suka banget kalau ada apa-apa dan kemana-mana, ajak Anggun kalau Anggun bisa. She’s my longest bestie in my life). Cafe itu cukup cozy. Etalase cake, meja-meja buat makan cake dan teh-teh cantik, dan suasana yang sunyi. Cake nya enak banget, makanan pasta-nya enak banget, minumannya pun enak banget.

Suatu saat aku pengen banget makan kue coklat gitu satu loyang full ( tapi dimakan beberapa hari ya nggak langsung abis, dan dibagi-bagi juga sama keluarga di rumah ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚) dan aku maunya Anggun yang pesanin ke toko kue itu dan suruh delivery ke rumah. Terus aku minta tulis pesan yang unik di atas kuenya, kira-kira begini:  


๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Mas yang mau anter kuenya udah tahu kalau ini aku yang pesan, karena udah beberapa kali ke sana dan selalu stay for a while dan mesen makanan lagi dan lagi. Alhamdulillah dianter kuenya dan enak bangetttt hhhh. 

Sayangnya cafe yang di Bekasi itu udah tutup (bahkan sebelum aku lahiran kayaknya!), pindah ke BSD! Jauh banget ๐Ÿ’–๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Akhirnya ya aku stok coklat dan kue-kue seadanya dari mana-mana (?). Sebenarnya Zeno sih bilang kalau yang ini memang bukan ngidam sama sekali. Itu memang kebiasaan aku dari dulu karena kalau habis makan pasti mulut “asem” (?) ... maunya dikasih yang manis-manis kalau habis makan gitu. Tapi kalau bunda benar-benar yang sepenuh hati gitu memasok aku dengan coklat. Tanda cinta kasih pada anak dan calon cucu ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ



Tentunya segimanapun aku menggambarkan kesukaanku sama coklat ini, aku juga tahu membatasi diri yah. Nggak boleh lebay banget karena... yaaa sugarrrr sugaarrr sugaaarrr... dan banyak lainnya. Jadi harus bisa tahan-tahan kalau dirasa dalam sehari udah cukup makan coklatnya.

Dan ini aku udah izin sama dokter yaaa. Aku beneran nyeritain gimana sukanya aku sama coklat. Tapi aku jelasin juga kalau selain itu aku jarang jajan-jajan dan benar-benar usahain penuhin asupan gizi dari makanan rumah. Dokterku bilang nggak apa-apa, soalnya beratku sama berat si bayi bagus, kadar gula dll juga bagus (dari hasil cek darah). Hatiku pun senang. Hahahah. Ya mungkin emang dokternya juga nggak mau bikin stres bumilnya, hahaha ๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘Œ๐Ÿป๐Ÿซ๐Ÿฎ๐Ÿฉ๐Ÿช 

Kalau kamu suka manis-manis gini atau makanan yang sekiranya perlu dikontrol....  misal makanan mengandung MSG atau bumbu-bumbu instan gitu, apalagi pas hamil, harus concern ya, selalu tanya sama dokter keadaanmu oke nggak buat begini dan begitu, karena kondisi fisik orang lain-lain, dan ini menyangkut kondisi janin yang asupan nutrisinya dan kondisinya bagaimana itu sangat bergantung pada ikhtiyar si ibu dalam memilih pola makan dan pola hidup ๐Ÿ˜‰ .

pancake tuh makanan keshayangan bangettt hhhhh :')
***

*lanjut ya*

BERAT BADAN NAIK BERAPA BANYAK SHER SELAMA HAMIL?

Alhamdulillah berat badan aku dan bayi memang sama-sama baik selama hamil. Akunya kelihatan segar aja dan... yah sedikit lebih besar lah (?) plus perut buncit, tapi berat badanku nggak drastis naiknya, cuma sekitar 9-10 kg sampai aku melahirkan. Si bayi-nya Alhamdulillah selama checkup selalu mencapai berat yang diharapkan, dan kondisinya selalu sehat. Sampai pas minggu 39 ketika aku akhirnya melahirkan, baru ada cerita lain. Nanti in shaaallah kuceritakan di postingan berbeda. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ‘Œ๐Ÿป

Oh iya. Aku sampai usia hamil 5-6 bulanan gitu masih sering dikira nggak hamil. Yaaa... seneng sih karena sering dikira “masih anak-anak”, tapi kadang agak bete juga... hmm. 


ini hamil 24 minggu! Pake dress gombrong-gombrong sih jadi kadang nggak terlalu nyembul perutnya hahaha XD
Pernah, kayagini kejadiannya:

Aku sama Zeno lagi duduk-duduk di bangku panjang di halaman Masjid, nunggu mobil sewaan online (Gr*b car), habis ikut Kajian Islam gitu, eh kami ditegur sama ibu-ibu panitia kajiannya... 

Si Ibuk: Dek... maaf. Lagi nunggu Mamanya ya di dalam (nunjuk ke dalam ruangan masjid)...? *dengan nada seramah mungkin* ๐Ÿ˜€

Aku: *nengok ke Zeno bentar lalu ke Ibuk* eh, nggg... nggak... lagi nunggu mobil buat pulang...๐Ÿ™‚

Ibuk: Oh? Mau dijemput sama Mamanya? ๐Ÿ˜„ *nadanya seperti penuh harap dia benar*

Aku: Ngg... nggak bu. Lagi nunggu Gr*b Car ๐Ÿ˜… *bingung kenapa si ibuk persisten banget nanyain mamak ku*

Ibuk: o-oh... nggg... *jadi kaya awkward gitu* ini... *jari nunjuk ke Zeno* kakaknya kan ya??? ๐Ÿ˜… *mukanya terlihat bener-bener berharap pertanyaan dia benar*

Aku: *mulai paham, lalu ketawa* “ahahaha nggak bu... bukan. Ini suami saya... ๐Ÿ˜† ini saya lagi hamil bu, udah 6 bulan... emang nggak kelihatan ya..??” 

Si Ibuk: *langsung girang dan lega banget, kini nampak tertawa bahagia* Oh ya Allaaahh Maa shaaallah....!!! Suaminya toh! Ya Allah dek nggak kelihatan lagi hamil... habisnya kaya anak-anak banget sih ya Allah maaf ya dek... yowis monggo monggo monggo... ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† *balik ke kerumunan ibu panitia lainnya*

Aku sama Zeno : *bertatap-tatapan* ............. ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ


cr: HERE
Intinya ibuk itu jadi perwakilan para panitia kajian yang concern lihat kami. Mereka ngira kami dedeq-dedeq gemashhh masih pacaran gitu, ngapain duduk-duduk berduaan bedempetan gitu di bangku halaman masjid. Nggak boleh tuh. Dosa. Ya tapi yang bener aja sih. Masa iya baru habis banget ikut kajian, sengaja duduk-duduk berdua depan mata semua orang di rumah Allah, bedempet-dempet sama bukan mahram *bayangin bumil sama suaminya, pasti kan ada lah suaminya mungkin ngusap punggungnya atau apa, mana hari itu panas banget dan aku bener-bener lelah* ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Tentunya penampilan aku sama Zeno ke kajian ya menyesuaikan ya. Aku pakai baju yang sederhana banget polosan gamis dan jilbab panjang. Makeup minimal hampir nggak kelihatan cuma biar nggak kaya bangun tidur aja, pakai kacamata juga. Bukan yang gimana-gimana gitu lah pokoknya. Sama ama jemaah kajian yang lainnya. Yah tapi begitulah :')

***

EFEK HORMON KE WAJAH DAN MOOD GIMANA SHER????

Wajah aku selama hamil juga alhamdulillah nggak ada masalah... malah kaya jadi agak lebih kering-an which means jadi bagusan menurutku sih (?), soalnya wajahku kombinasi cenderung berminyak, aslinya. Kalau minyakan gitu berasa kusem banget kan... nah semenjak hamil jadi less-kusem (?) karena less-minyak. Ini adalah salah satu hal yang bikin orang sering nebak kalau anakku perempuan. Alasannya? “Wajahnya bersih, dan suka dandan.” LAH? ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ๐Ÿ™ƒ Berarti kalau artis gitu atau Beauty Blogger yang memang rajin rawat kulit dan makeupnya paripurna terus, semuanya anaknya perempuan dong? Hahahaha ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ yang nebak juga biasanya orang random gitu. Orang ketemu di RS, di Musholla, di Mall.... hahaha. Malah kadang, yang nebak ngotot loh! Aku udah bilang kalau hasil USG nya laki-laki, udah kelihatan bentuk itu (?) nya, eh orangnya malah persistent bilang “ahhh cewe itu. Masih bisa berubah loh kalo belum lahir!”. LAH ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Yang baca ini, jangan gitu ya kalau lihat orang hamil.... ๐Ÿ˜œ

Lagi jalan-jalan sore kebetulan ketemu sama the famous @Elvis_Barksley yang sekarang udah guweedeee banget lebih gede dari ini! hahaha.
Terus soal mood... Aku juga nggak yang mellow-mellow banget sih... tapi agak mellow juga (gimana sih? Wkwk). Tapi kadang aku bertanya-tanya, apa emang akunya mellow karena hormon, atau karena aku tahu aku hamil dan orang hamil cenderung mellow jadinya aku sugesti mellow? #lah. Terus aku kan emang dasarnya orangnya pemikir banget. Maksudnya bukan mikir yang negatif terus sedih-sedih gitu, tapi ya kaya mikirin satu topik dan topik lainnya yang aku anggap penting dengan begitu mendalam. Kurang lebih gitu lah. Nah pas hamil gitu juga aku ada beberapa hal yang akunya pikiriiiin banget, tapi aku merasanya kaya— emang aku orangnya gitu... atau karena hamil jadi makin-makin sih??? Makanya kan sampai aku merasa perlu Pregnancy Social Detox segala karena aku benar-benar takut negative vibes kena ke aku dan si baby, soalnya aku kalau lihat sesuatu sering kurenungi banget. Dan tentunya kalau kamu baca blog aku dari lama, pasti kelihatan dari cara aku nulis kalau aku pemikir banget hahaha. Yaaa... intinya sih selama hamil aku sering wanti-wanti Zeno kalau perasaan aku jadi lebih fragile, dan bumil nggak boleh dibikin sedih dan stress. Harus disayang dan dimanja! Heheheheh~ ๐Ÿ˜†๐Ÿ’–

Intinya sih aku udah dari lama kasih-kasih Zeno artikel-artikel atau apa yang memberitahukan betapa pentingnya menjaga perasaan wanita hamil dan mengistimewakannya. Dan Zeno benar-benar berusaha sebaik mungkin untuk manjain aku, alhamdulillah! Pengertian banget lembut banget dan ngelindungin banget. Shenennggg :’)๐Ÿ’– 

Ditemenin Zeno jalan-jalan ke Beautyfest~ (Hamil 25 Minggu!)

***

VITALITAS SELAMA HAMIL GIMANA SHER????

Tubuh aku juga fit aja, beberapa bulan pertama kehamilan rasanya biasa aja. Alhamdulillah kehamilan aku termasuk easy. Ada mual tapi sedikiiiiit aja, aku cuma nggak suka cium bau minyak dari orang yang goreng sesuatu. Biasanya langsung buru-buru lari ngumpet ke kamar (kalau lagi di rumah). Pernah muntah dua kali, di mobil dan di ranjang, tapi juga cuma muntah air, nggak yang heboh banget isi perut keluar semua. Jadi lebih cepat lelah  dibanding waktu nggak hamil sih pasti ya, dan akunya juga langsung buru-buru berhenti beraktifitas ketika mulai merasa lelah. Seperti yang kubahas sekilas di post sebelumnya, karena aku pernah keguguran, aku jadi lebih waspada.


Masuk trimester 2, udah mulai deh tuh, semakin berasa ngilu-ngilu di rahim karena badan makin melebar untuk space si bayi membesar di dalam. Kalau jalan juga udah mulai berasa lebih cepat capek, secara, tubuh benar-benar kerja keras “building” si bayi di dalam. Mana tambah berat lagi! Hahahaha. Kalau bangun tidur juga kaki kadang suka keram, tapi sebelah doang biasanya! Lupa lagi deh yang sebelah kiri atau kanan biasanya. Malam tidurnya agak susah pas bayi udah bisa gerak nendang-nendang, karena nendangnya semangat banget... apalagi kalau aku lapar!!! Kupikir... ini si bayi minta makan juga apa gimana? ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Pas perut udah mulai besar, aku ngalamin banget yang namanya bolak-balik ke kamar mandi buat pipis lagi pipis lagi. Sempat ISK tapi alhamdulillah beberapa hari sembuh. Kalau ada yang kena ISK pas lagi hamil, buru-buru diobatin ya... karena kata dokterku, bisa berdampak ke janin kalau berlarut-larut. Heartburn juga minor... banget. Cuma sekali aku rasain heartburn yang aku sendiri nggak yakin apakah itu heartburn, yang bikin aku nangis karena sakit. Terus, mmm.... apalagi ya? Kalau ada yang aku inget nanti aku tambah lagi. 

*update symptom yang kualami selama hamil: keinget kalau badanku sempat gatal-gatal sekitar 3 hatri sampai seminggu di trimester kedua. Aku ke dokter kulit, dan dokternya bilang itu adalah dermatitis yang memang aku dari dulu sering alamin dan sekarang muncul di seluruh badan. Duh! Pas disebut dermatitis, aku langsung SADAR kalau ini pasti gara-gara stres dan panik tanpa sadar!!! Akhirnya setelah pulang dari dokter, akunya bawa rileks dan bener-bener ngelawan rasa gatel di badanku dengan tarik napas terus sambil sugesti kalau aku harus tenang (dan kadang aku pakai bedak salycil yang dikasih dokter--makenya rada takut karena bumil jangan banyak-banyak pakai yang mengandung salycil), dengan izin Allah aku berhasil lawan dermatitis itu tanpa minum obat yang udah diresepin dokter.

Alhamdulillah, sejak memasuki 27 Minggu usia kehamilan, aku tetap bisa rutin ikut senam hamil di RS setiap hari Sabtu, dan belum pernah bolos sejak itu sampai akhirnya aku melahirkan! Hehe. Senam Hamil di RS itu mirip-mirip sama Yoga Hamil yang bisa kita lihat di Youtube (serius banyak deh. Tinggal pilih aja mana yang paling cocok sama kita pace-nya). Jadi, selain seminggu sekali di RS, aku juga Yoga di rumah. Aku juga belajar workout “keep up” gitu. Jadi lakuin gerakan tangan yang intens (dan in shaallah aman karena cuma gerakan tangan) yang lama-lama bikin “aduh capek banget nggak kuat lagi!!” tapi justru harus ditahan dengan sugesti positif bahwa kita pasti bisa, kita pasti kuat, kita pasti tahan buat selesaiin ini sampai akhir! Dan itu benar-benar seperti melatih mindset kita bahwa kalau kita sugesti positif kita pasti akan kuat melewati hal yang kita rasa nggak kuat kita lalui. Seperti halnya persalinan.   

jadi mamak yang paling rutin dan paling awal datang ikut senam hamil (aku dari minggu 27, yang lain biasanya udah di atas 30-an). Dan sebagai penghargaan, dapet hadiah Breast Pump dari RS & Pigeon. Hihihi alhamdulillah!
Kalau kamu lagi hamil dan mau workout juga, jangan lupa konsultasikan dulu sama Obgyn-mu ya.Tetap aktif saat hamil itu bagus banget, karena itu untuk persiapan dan latihan menuju persalinan yang lancar dan strong. Tapi kan keadaan ibu hamil beda-beda. Ada yang segar aja, ada yang sakit-sakitan, ada yang kuat aja, ada juga yang rentan keguguran. Jadi tetap harus konsul. Takutnya terjadi kontraksi dini di minggu-minggu belum siap lahir (di bawah 37 minggu), atau malah yang lebih nggak diinginkan lagi, naudzubillah ๐Ÿ˜ฃ. Lalu, jangan lupa untuk selalu dengarkan kata tubuh kita sendiri. Kalau memang lagi nggak fit atau lelah, jangan dipaksakan. Kalau lagi fit dan baik-baik aja, jangan malas! Hehe. Ganbatte! ๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ˜†

Alhamdulillah juga, aku nggak ngalamin pembengkakan, seperti di tangan atau kaki gitu. Tapi dalam gerakan senam hamil juga diajarin sih cara mengatasi pembengkakan itu kalau siapa tahu terjadi. Yang perlu banget dijaga emang pola makan sama istirahat sih untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya pembengkakan (yang bukan karena gain weight ya) yang bisa berujung kepada pre-eklampsia dan eklampsia.

Oh iya, pelajaran yang kudapat selama senam hamil ini alhamdulillah bergunaaaa banget selama proses persalinan! Bidan yang ajarin sering bilang, "nanti juga paling ibu-ibu pada lupa nih teorinya pas udah di Kamar Bersalin". Dan siapa yang tahu kalau itu bisa jadi adalah cara para bidan untuk bikin para bumil, termasuk aku, jadi sugesti ke diri sendiri: AKU NGGAK BAKALAN LUPA! BISMILLAH!". Hihihih. Pokoknya recommended deh buat ikutan komunitas senam hamil di RS kalau memang ada. Selain jadi bonding sama bidan-bidannya (yang kemungkinan susterin kita pas di Kamar Bersalin), juga bisa ketemu teman-teman senasib sepenanggungan (?) yang sama-sama lagi hamil. Hehehe.


***

SUPLEMEN KEHAMILANNYA APA AJA SHER?

Soal suplemen selama hamil, bisa dibilang ini yang berkontribusi banyak juga terhadap vitalitasku selama hamil. Aku nggak minum suplemen yang resepan dari Rumah Sakit, yang semacam zat besi, DHA, Asam Folat. Pernah nyoba minum di awal-awal, tapi ya gitu deh, somehow bikin susah poop gitu yang zat besinya ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข. Aku sendiri kebetulan punya serangkaian suplemen kesehatan yang aku lebih percaya dan udah aku pakai sejak 11 tahun lalu, dari masih muda (?) banget, dan aku tahu dalam produk-produk tersebut, kandungannya udah lengkap ada semua, yang dibutuhkan oleh manusia dalam keadaan biasa, juga oleh ibu hamil yang lagi perlu banyak nutrisi untuk dirinya dan janin. Produk apaan sih? Bukan produk aneh-aneh kok. Produknya itu semuanya dari LEBAH. Ya Madu, Royal Jelly, Pollen, Propolis. Tapi kualitasnya in shaaallah premium, jadi memang beda dengan yang biasa terdengar di pasaran, dan mereka benar-benar in shaaallah raw dan unprocessed gitu lah (diambil dari alam langsung di pack secara profesional, jadi bukan racikan-racikan zat digabung jadi 1 tablet atau apa) jadi benar-benar in shaaallah alami dan terpercaya. Brand nya dari High Desert International. 

My Lovessss :')
Waktu aku bilang sama Obgyn-ku kalau aku konsumsi serangkaian produk perlebahan dan aku CONFIDENT tentang suplemenku itu, si Obgyn malah menyambut dengan baik hati: “wahhh bagus itu produk-produknya! Ya udah saya nggak usah resepin apa-apa lagi yaaa... dilanjut minum aja itu semuanya!” 

Sumpah ya aku senang banget dengar dukungan dokterku itu dan aku makin menghargai beliau sejak itu. Aku jadi legaaaa banget karena memang pengennya, selama hamil aku seeeebisa mungkin meminimalisasi minum produk medis yang bersifat racikan gitu. Aku nggak bilang itu nggak bagus loh yaaaa. Itu bagus juga in shaaallah. Namanya juga supplement kesehatan. Tapi aku personally ikhtiyar pingin banyakin yang natural gitu in shaaallah.

Nyari quote tentang good doctor malah ketemu quote drama korea “Good Doctor” dan dokternya malah ngomongin POLLEN! Pas banget lah itu sama yang aku minum juga hahahahha.

Walaupun aku udah pakai produk ini dari 11 tahun lalu, sayangnya ada saat-saat di mana aku vakum nggak pakai produk ini (ya karena dulu masih labil juga masih remaja (?) yang masih bela-belain jajan yang nggak penting daripada buat kesehatan, sampai lama-lama aku jadi lupa sama sekali. Hhhhh) dan aku sempat sakit-sakit, dan kebanyakan bolak balik Rumah Sakit, sampai akhirnya malah jadi penyakit yang menurut dokterku yang operasi aku di Malaysia, salah satunya adalah bisa jadi karena kebanyakan minum antibiotik dan obat-obat dosis tinggi lainnya!!! Sumpah aku ngenes banget dan seketika langsung tersadar, kenapa selama ini aku nggak yang dari awal rutinin terapi sakit aku pakai HDI jangan asal-asal nenggak obat melulu, padahal di Hong Kong juga ada cuma waktu itu aku kurang research aja dimana belinya dan lama-lama jadi lupa. Padahal sejak 11 tahun lalu aku tahu banget manfaat produk-produk perlebahan ini dan yakin banget juga. Soalnya??? Selain karena aku kurang lebih udah paham banget asal usul produk dari brand ini dan in shaaallah yakin akan kualitasnya, juga karena Allah langsung yang rekomendasikan produk perlebahan di Alquran, bahkan sampai Lebah jadi nama surat! 

Dan hadits-hadits shohih rosulullah tentang pengobatran dengan madu juga mudah ditemukan! cr: Here
Dan aku, kalau kalian mau tanya tentang detail produk ini satu persatu, cara pakainya, manfaatnya? Aku bisa banget jabarin ke kalian ala-ala marketing!!! (So feel free to ask me about it guys!!) But seriously, so far aku nggak jualan (tapi kalau bisa jualan juga sure bagus banget, maybe someday.) Tapi sampai saat ini aku benar-benar qaddarallaah baru jadi konsumen aja. Walau murni konsumen, aku benar-benar udah rekomendasiin ini ke banyak orang dan alhamdulillah mereka terbantu banget! (Semoga pahalanya ngalir terus ke aku ya Allah!! Amin!!)๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Akhirnya mumpung aku udah nikah udah dewasa udah harus lebih fokus sama kesehatan dan Zeno juga setuju banget untuk kita consistently living the Bee lifestyle, kami in shaallah  akan berusaha istiqomah ikhtiyar pakai produk ini. 

Efek yang kurasa? Alhamdulillah sepanjang hamil aku hampir nggak pernah jatuh sakit, dan daya tahan tubuh lebih terjaga. Kalau kata orang, hamilnya ceria, hihihi. Padahal ya ada lah sekali dua kali sakit yang minor, atau aku kelihatan kecapean yang gimana. Apalagi hamil gini, sering berasa lemah, rapuh, ringkih (?). Wajar kan?. Dan aku memang ada kecenderungan psychosomatic yang sebenarnya berusaha banget aku lawan (pikiran alam bawah sadar yang bikin aku yang sebenarnya badan-nya sehat-sehat aja tapi berasa kaya sakit, gitu-gitu lah). Alhamdulillah keadaan itu udah jauh membaik banget sih dibandingkan bertahun-tahun lalu dan aku berusaha banget aware supaya kondisi itu tetap terjaga. Tapi secara garis besar kalau kondisi fisik aku aslinya sehat alhamdulillah. Dan Alhamdulillah juga, tiap USG selalu dapat kabar kalau kondisi si bayi di rahim bagus. Itu sih yang paling penting. Hehehe. Waktu mau melahirkan, dokterku itu juga ngingatin aku untuk jangan sampai lupa minum produk-produkku supaya aku kuat dan semangat mengejan! ๐Ÿ’ช๐Ÿป Dan... hey! Sekarang anakku udah setahun jadi aku bisa ceritain kalau alhamdulillah anakku jalanin setahun pertama dengan lancar!!! Banyak yang bilang kalau si baby sehat banget jarang banget sakit, dan alhamdulillah memang iya!! Saat dia sakit (kaya demam dan flu gitu) pun saat dia udah mulai MPASI, jadi udah bisa kukasih minum produk-produk ini juga (ada yang buat anak-anak) sebagai booster kesehatan dia, dan benar-benar kebantu banget, jadi meminimalisasi pemberian obat untuk bayi. Tentunya, sakit, ajal, dan semuanya itu adalah di tangan Allah, tapi aku merasa ini bentuk aku berusaha melakukan ikhtiyar terbaik untuk menjaga titipan Allah yang besar ini (kesehatan kami sekeluarga). Bagaimana ke depannya tinggal tawakal aja. Doakan semoga kami selalu sehat yaaa... aamiin yaa Allah!



Aku kalau ngomongin produk ini bisa panjang lebar deh saking cintanya, I should stop for now ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…  Kalau kamu penasaran atau minat sama produk ini? Boleh loh tanya-tanya lebih lanjut ke aku. Nggak, aku nggak jualan, so you dont have to worry that I’ll push you to buy from me! ๐Ÿ˜…. Orang-orang yang udah kuceritain soal produk ini juga tau kok aku nggak jualan. Aku incar pahala dulu aja (amin) ๐Ÿ˜‚. Ya kalau ada kebaikan duniawi (?) lainnya yang mengikuti di belakangnya ya Alhamdulillah. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Email aja ya atau bisa juga dm ke instagram aku ๐Ÿค—❤️

***

ALHAMDULILLAH FOR EVERYTHING! 

Yang perlu di credit untuk semua yang di atas itu? Ya... pastinya The One and Only Allah. Kehamilanku yang pertama ini termasuk enak dan mudah... dan yang aku pahami, kita nggak bisa ngatur atau milih kan, hamilnya bakal easy atau tough. Bahkan satu wanita yang sama bisa punya pengalaman yang berbeda-beda di tiap kehamilannya. 


Jadi... untuk saat ini aku bersyukur banget sama Allah dan berdoa semoga kalau dapat amanah anak lagi setelah ini, segalanya dimudahkan juga. Untuk kalian para wanita yang udah merasakan atau sedang mengalami hamil yang berat / agak berat... ah... :’) *peluk* ikhlas, sabar, dan kuat selalu ya... Allah sayang banget sama kalian... ๐Ÿ–ค in shaaallah segala kesulitan dan rasa sakit digantikan dengan pahala dan keberkahan serta pengampunan dosa! Aaamiin! 

Thanks for reading yaaa ๐Ÿ–ค๐Ÿ–ค๐Ÿ–ค๐Ÿ–ค๐Ÿ–ค

Sampai jumpa di cerita kehamilan selanjutnya: tentang RS, Obgyn, USG 4D, dan Cardiotocography!!!

Dan buat yang mau baca kisah kehamilanku yang udah aku tulis sejauh ini, bisa KLIK DI BAWAH INI:


6 comments

  1. Kayaknya aku salah baca blog kamu di jam puasa gini wkwkwkwkwk.. mana lagi hamil pulak๐Ÿคฃ

    Iyaa si aku juga sbenernya ga paham paham bgt definisi ngidam tuh kaya apa, soalnya hamil ga hamil aku gampang bgt ke provoke sm makanan2 di sosmed ๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘ Opik tau bgt ini,, kalo aku minta makan apa gt dia lgsung nanya “abis lit IG pasti” ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    And anyway soal nasi padang... aku tuh cinta bgt nasi padang ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ aku paling suka cumi, dan bnr2 yg bisa aja gt cm makan nasi sama cumi plis kuah gulai ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ kalo di Jogja, Rumah makan padang fave aku tuh Duta Minang.... ๐Ÿคค๐Ÿคค๐Ÿคค๐Ÿคค

    Mmm chocolate cakenya kok ngeselin si ๐Ÿ˜ญ aku basically juga emg addict sm cokelat gt, biasanya drumah slalu stock coco crunch, beng beng, cadburry seduh gt, but I reallu have no idea buat psen chocolate cake ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ dan kyknya nanti mau lah gojek ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ di jogja sini ada toko kue homemade juga,, yg enak bgt,, mau chocolate cake atau fruitcake nya bnr2 nagih ๐Ÿคค๐Ÿคค and thanks to you kyknya aku jd dpet ide buat mesen ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Keep sharing sherry!! Soalnya aku bnr2 suka bgt baca tulisan kamu,, yg kmrn soal pengalaman ikhtiar km mendidik archie dlm kandungan aja bnr2 jd reminder aku juga klo kita emg hrus well prepare sejak dini :’)

    Kutunggu lanjutannya!!!๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhhh Bumilkuuuu!!! Kalo liat makanan langsung yaaaa!!! Sama banget sama aku!! HAHAHAHHAAHHAH *tos*

      Iyaaaa kakak sayang semoga berguna yaaa yang aku tulis. Kalau ada yang kurang berkenan mohon diberi udzur ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜ข๐Ÿ’œ๐ŸŒธ

      Delete
  2. Duh seneng kalo bisa ngerasain kehamilan yang sehat dan bahagia yaaa.

    Trus ngomongin nasi padang aku jadi inget udah setahunan lebih gak makan nasi padang. Kangen jugaaa... Hihihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa alhamdulillah Lia! Semoga nanti pun pengalamanmu menyenangkan yaaa ^__^

      Delete
  3. Lumayan buat cewek jomblo jadi tau gimana ngerti perjalanan, tips dll ttg awal hamil sampe habis lahiran. Informatif dan berguna. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha yaayyy alhamdulillah!! Semoga nanti Allah lancarkan juga pengalamanmu ^_^

      Delete

Hi! ๐Ÿ’–๐Ÿ’–๐Ÿ’– PLEASE MAKE SURE TO WRITE YOUR COMMENT ON NOTE APP OR SOMETHING LIKE THAT FIRST, and then paste it here, because sometimes google has some errors that your comments MAY disappear without being published :( you may not want to rewrite it, do you? ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ